Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Tahapan Masa Tenang, Bawaslu Ogan Ilir Gelar Apel Siaga Patroli Pengawasan

Apel Siaga Patroli Pengawasan Bawaslu Ogan Ilir

Apel Siaga Patroli Pengawasan Bawaslu Ogan Ilir

Indralaya, Bawaslu Ogan Ilir – Bawaslu Ogan Ilir gelar Apel Siaga Patroli Pengawasan Pemilu Tahun 2024 pada sabtu (10/2/2024) bertempat di Lapangan ITC Jalan Lintas  Timur KM 35 Indralaya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir Dewi Alhikmah Wati menyampaikan bahwa apel siaga patroli pengawasan ini diselenggarakan menjelang masa tenang Pemilu. "Kita akan melakukan penertiban alat peraga kampanye yang masih ada, karena mulai besok kita akan memasuki masa tenang," 

Dewi juga menegaskan kepada  seluruh jajaran Panwascam dan PKD untuk meningkatkan pengawasan di lapangan. Masa tenang harus bebas dari unsur-unsur kampanye, untuk itu Panwascam dan PKD diminta untuk melakukan patroli secara intensif, tegasnya.

Patroli yang dilakukan merupakan wujud dari pengawasan Bawaslu terhadap proses penyelenggaraan Pemilu 2024. "Kami akan mengawasi setiap potensi pelanggaran, termasuk politik uang yang dapat mengganggu integritas Pemilu," tambahnya.

Pada kesempatan itu juga, Dewi Alhikmah Wati mengimbau agar masyarakat tidak terpengaruh oleh praktik politik uang yang dapat merusak proses demokrasi. "Dengan kolaborasi antara Bawaslu, kepolisian, dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan Pemilu 2024 di Kabupaten Ogan Ilir dapat berjalan lancar dan memberikan hasil yang adil bagi semua pihak," ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Ogan Ilir, AKBP Andi Baso Rahman, berharap pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Ogan Ilir dapat berjalan dengan damai dan tertib. "Masyarakat diminta untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pemilu berlangsung, kami akan berkoordinasi erat dengan Bawaslu untuk menindak tegas setiap pelanggaran yang terdeteksi," tegas Kapolres OI.

Kapolres juga menekankan pentingnya koordinasi dengan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di setiap kecamatan, desa dan kelurahan untuk memastikan keamanan saat pencoblosan berlangsung.

 

(Humas Bawaslu Ogan Ilir)