Lompat ke isi utama

Berita

Dewi Ajak Masyarakat Ogan Ilir Untuk Paham dan Sadar Dengan Hak dan Kewajiban Dalam Pemilu Tahun 2024

Dewi Ajak Masyarakat Ogan Ilir Untuk Paham dan Sadar Dengan Hak dan Kewajiban Dalam Pemilu Tahun 2024

Indralaya - Bawaslu Ogan Ilir. Ketua Bawaslu Ogan Ilir Dewi Alhikmah Wati menyampaikan bahwa partisipasi masyarakat dalam Pemilu tahun 2024 adalah sebuah keharusan karena pada hakikatnya membantu penyelenggaraan pemilu, terutama Bawaslu dalam melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di Ogan Ilir.

"Peran masyarakat akan memastikan kualitas penyelenggaraan Pemilu yang berintegritas, kredibilitas, transparansi penyelenggara, akuntabilitas hasil pemilu, dan diharapkan dapat menghasilkan pemilu yang bermartabat" demikian yang disampaikan Dewi saat menyampaikan sambutan sekaligus mengisi materi dalam dalam Kegiatan Pembekalan Peningkatan Pemahaman Pendidikan Politik dan Etika Budaya dengan tema Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Di Kabupaten Ogan Ilir Untuk Menggunakan Hak dan Kewajibannya Dalam Keikutsertaan Pada Pemilu Tahun 2024 Mendatang di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ogan Ilir, Senin (16/10/2023).

Di hadapan peserta, Dewi yang juga Koordinator Divisi SDM, Organisasi, Pendidikan, Pelatihan, Data dan Informasi Bawaslu Ogan Ilir meminta agar budaya pengawasan pemilu dapat melekat terus di masyarakat. Agar masyarakat menjadi agen perubahan dalam menolak dan mengkampanyekan antipolitik uang dan SARA, menjadi garda terdepan dalam menangkal isu-isu hoaks yang berkembang di masyarakat, dan masyarakat dapat menjadi pengawal demokrasi yang turut melaporkan jika terjadi dugaan pelanggaran.

"Harapan kita semua, tujuan dari pendidikan dan budaya pemilu yang terus kita galakkan, dapat mencegah terjadinya konflik, meningkatkan kualitas demokrasi, mendorong tingginya partisipasi publik, dan membentuk karakter dan kesadaran politik di masyarakat" tegasnya.

Selain Bawaslu Ogan Ilir, acara tersebut juga dihadiri oleh KPU Ogan Ilir, dan para peserta adalah BEM Unsri, PMII, Karang Karuna, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di Ogan Ilir.

 

Humas Bawaslu Ogan Ilir