Lompat ke isi utama

Berita

Tiba di Bumi Caram Seguguk, Bawaslu Ogan Ilir harap Kirab Pemilu Tahun 2024 optimalkan sosialisasi Pemilu ke masyarakat

Tiba di Bumi Caram Seguguk,  Bawaslu Ogan Ilir harap Kirab Pemilu Tahun 2024 optimalkan sosialisasi Pemilu ke masyarakat

Indralaya, Bawaslu Ogan Ilir- Bawaslu Ogan Ilir hadiri kegiatan kirab pemilu 2024 Kabupaten Ogan Ilir yang dimulai pada hari ini kamis (6/7/2023). Kirab Pemilu ini merupakan acara yang melibatkan kirab bendera dari seluruh partai politik peserta pemilu 2024. Bendera-bendera tersebut diarak dari Kabupaten Ogan Komering Ilir menuju kantor KPU Kabupaten Ogan ilir. Setelah tiba di kantor KPU, bendera-bendera partai politik akan dikirab ke seluruh kecamatan di Kabupaten Ogan ilir hingga tanggal 11 Juli 2023 sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan pemilu 2024.

Selaku pengambil alih pengawasan pemilu di Ogan Ilir, yenli Elmanoferi mengapresiasi kegiatan kirab pemilu tersebut, itu merupakan hal yang positif bagi KPU Ogan Ilir untuk mengoptimalkan sosialisasi pemilu 2024 dan partai politik ke masyarakat. Dalam hal ini Bawaslu sebagai pengawal dan pengawas mengimbaui KPU agar berpegang teguh pada sebelas azas penyelenggra pemilu, agar dapat memberlakukan peserta pemilu secara adil dan tidak ada unsur keberpihakan saat melakukan kegiatan sosialisasi kirab pemilu ke kecamatan-kecamatan nantinya.

Kemudian kepada partai politik, yenli juga mengimbaui agar patuh dengan ketentuan saat sosialisasi tersebut, tidak menyampaikan unsur unsur kampanye seperti menyampaikan visi misi dan mengajak mencoblos salah satu partai karena masa kampanye pemilu 2024 belum dimulai, seperti kita ketahui bersama bahwa pada saat ini sudah banyak bertebaran spanduk baliho caleg yang dipasang di di sudut-sudut kota, di pohon, di tempat tempat umum yang sudah mengandung ajakan menggunakan hak pilih, ada yang sudah menyampaikan sebagai bakal calon dan juga yang mengarah untuk mencoblos nomor urut. Dalam hal ini kami selaku Bawaslu mengimbau untuk tidak dulu melakukan hal tersebut karena nanti akan ada tahapan untuk berkampanye.

Sementara itu Ketua KPU Ogan Ilir dalam sambutannya menerangkan bahwa “Kirab Pemilu 2024 dilaksanakan oleh KPU RI di tujuh titik kota peluncuran. Untuk rute di Sumatera Selatan, berasal dari Provinsi Kepulauan Riau,” terang Massuryati.

Kirab Pemilu 2024 di Ogan Ilir merupakan ajang sosialisasi kerja demokrasi selama enam hari mulai tanggal 6 hingga 11 Juli mendatang. Massuryati menuturkan, 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir akan dijamah untuk sosialisasi Pemilu 2024. Pada momen kirab Pemilu 2024, KPU Ogan Ilir akan menyosialisasikan pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg). Sosialisasi akan dilakukan dengan cara roadshow, kunjungan ke pasar-pasar, sosialisasi ke para komunitas pemilih. Sosialisasi mengenai hari pemungutan suara dan partai politik peserta Pemilu 2024,” jelas Massuryati.

 

Humas Bawaslu Ogan Ilir