Lompat ke isi utama

Berita

Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Ogan Ilir Harap Masyarakat Turut Kawal Pemilu

Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Ogan Ilir Harap Masyarakat Turut Kawal Pemilu

Palembang, Bawaslu Ogan Ilir- Dalam mengawasi setiap tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Ogan Ilir tidak dapat sendiri. Bawaslu Ogan Ilir membutuhkan peran serta masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pengawasan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Ogan Ilir, Dermawan Iskandar, dalam seremoni pembukaan acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif "Peran Organisasi Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu 2024" pada Ahad (4/12/2022) di Palembang.

"Jajaran pengawas memang ada di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan, hingga di TPS. Namun personel pengawas ini terbatas sehingga tetap membutuhkan dukungan masyarakat untuk ikut mengawasi," jelas Dermawan.

Maka dari itu, sambung Dermawan, Bawaslu Ogan Ilir mengajak elemen masyarakat Ogan Ilir yang diwakili oleh organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan yang hadir pada acara tersebut untuk bersama-sama mengawal pesta demokrasi 2024.

Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi forum silaturahmi untuk membuka komunikasi dengan masyarakat guna menentukan tindak lanjut pengawasan.

Ditambahkan Idris, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Ogan Ilir, Bawaslu Ogan Ilir, masyarakat dapat berperan aktif dalam pengawasan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas demokrasi, mewujudkan integritas penyelenggaraan Pemilu serta memastikan bahwa penyelenggaraan Pemilu sesuai aturan.

"Pemilu harus dikawal agar Pemilu berjalan sesuai kehendak rakyat. Inilah perlunya peran serta masyarakat," tegasnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung sampai Senin (5/12/2022) tersebut, juga diisi materi oleh Ketua KPU Ogan Ilir, Massuryati, serta Conie Pania Putri selaku akademisi dan tokoh masyarakat.

Humas Bawaslu Ogan Ilir