Lompat ke isi utama

Berita

Maksimalkan Pencegahan, Bawaslu Ogan Ilir Sampaikan Imbauan ke KPU Ogan Ilir

Maksimalkan Pencegahan, Bawaslu Ogan Ilir Sampaikan Imbauan ke KPU Ogan Ilir

Indralaya, Bawaslu Ogan Ilir- Dalam mencegah terjadi pelanggaran dan potensi sengketa pada tahapan verifikasi administrasi, Bawaslu Ogan Ilir sampaikan imbauan ke KPU Ogan Ilir, Selasa (16/8/2022) di Kantor KPU Ogan Ilir.

Adapun imbauan Bawaslu Ogan Ilir bahwa dalam melakukan proses verifikasi administrasi, KPU Ogan Ilir perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut, yakni:
1.Melakukan verifikasi administrasi terhadap partai politik calon peserta Pemilu sesuai jadwal yang ditetapkan.
2.Dalam melakukan verifikasi administrasi, KPU Ogan Ilir melakukan verifikasi terhadap:
a. Dokumen persyaratan partai politik calon peserta Pemilu melalui Sipol
b. Dokumen persyaratan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu yang berpotensi ganda dan berpotensi tidak memenuhi syarat.
3.Menuangkan hasil pelaksanaan verifikasi administrasi ke dalam Sipol menggunakan berita acara.
4.Memastikan kepatuhan prosedur terhadap proses verifikasi administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Ketua Bawaslu Ogan Ilir, Dermawan Iskandar  mengatakan imbauan ini merupakan upaya Bawaslu Ogan Ilir dalam rangka pencegahan. "Sebagai pengawas, kami berupaya untuk mengingatkan agar pelaksanaan verifikasi administrasi ini berjalan dengan lancar," ujar Dermawan.

Sementara Ketua KPU Ogan Ilir, Massuryati yang menerima langsung surat imbauan yang disampaikan Bawaslu menyambut hangat. "Kami sangat senang, kami berharap selalu diingatkan. Sebagai sesama rekan penyelenggara, memang upaya pencegahan inilah yang harus terus kita galakkan," tegasnya.

Anggota Bawaslu Ogan Ilir, Karlina yang juga turut hadir berharap, Bawaslu dan KPU Ogan Ilir dapat sama-sama saling berkoordinasi dan menyesuaikan agar pesta demokrasi dapat berjalan sesuai harapan. "Kita harus bangun kekompakan agar pelaksanaan pemilu maupun pemilihan di Ogan Ilir berjalan demokratis," jelasnya.

Humas Bawaslu Ogan Ilir