Lompat ke isi utama

Berita

Gandeng Media Massa, Bawaslu Ogan Ilir Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Gandeng Media Massa, Bawaslu Ogan Ilir Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Palembang, Bawaslu Ogan Ilir - Bawaslu Ogan Ilir menggandeng insan pers untuk turut serta menjadi bagian dalam penyelenggaraan pengawasan Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Ogan Ilir, Dermawan Iskandar mengatakan, perlunya sinergitas antara Bawaslu Ogan Ilir dan media massa. Menurutnya, media massa memiliki peran yang besar dalam terwujudnya kesuksesan pemilu.

"Sahabat-Sahabat Media dapat menjadi jembatan dalam penyampaian informasi kepada masyarakat sekaligus memfilter penyebaran informasi hoaks," ujar Dermawan dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama perwakilan media se-Ogan Ilir pada Senin (28/11/2022) di Palembang.

Dermawan juga berterima kasih kepada media massa yang telah memberikan dukungan kepada Bawaslu Ogan Ilir. Ia menegaskan, siap menerima kritik dari media untuk perbaikan kinerja lembaga ke depan.

"Terima kasih atas dukurngan dari rekan-rekan media se-Ogan Ilir. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk berdiskusi secara tertib apa langkah strategis yang akan dilakukan. Kami siap menerima kritikan dan masukan," terangnya.

Hal yang sama disampaikan Ketua Bawaslu Sumatera Selatan, Yenli Elmanoferi. Yenli mengatakan, media massa sebagai penyambung informasi-informasi pengawasan kepada masyarakat. Media massa dapat memberikan informasi akurat dan berimbang, mencegah disinformasi dan ujaran kebencian, melakukan upaya pencegahan pemilu, serta mengawas dan melaporkan pelanggaran.

"Media menjadi mitra strategis pengawasan. Kami berharap dapat seiring sejalan dalam proses pengawasan untuk bersama-sama Bawaslu mengawasi pemilu," ujar Yenli.

Sementara dalam penyampaian materinya, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Selatan, Firdaus Komar menjelaskan salah satu tugas pers memastikan demokrasi terlaksana dengan baik. "Pers ini menjadi kontrol sosial. Dalam pengawasan ini, salah satunya media dapat mengawasi apakah seluruh masyarakat mendapatkan hak pilihnya. Jika mengandalkan Bawaslu sangat kewalahan. Forum ini diharapkan pers mendapatkan pengetahuan itu," ujar Firdaus.

Massuryati, Ketua Bawaslu Ogan Ilir juga memberikan apresiasi kepada Bawaslu Ogan Ilir yang telah menggelar acara sosialisasi kepada media ini. Ia berharap dukungan dari media massa untuk turut menyukseskan Pemilu 2024.

 

Humas Bawaslu Ogan Ilir