Lompat ke isi utama

Berita

Gandeng Kelompok Disabilitas, Bawaslu Ogan Ilir Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Hadapi Pemilu 2024

Gandeng Kelompok Disabilitas, Bawaslu Ogan Ilir Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Hadapi Pemilu 2024

Indralaya, Bawaslu Ogan Ilir – Bawaslu Ogan Ilir menggelar kegiatan sosialisasi pengawas partisipatif yang melibatkan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Cabang Ogan Ilir pada Jumat (16/9/2022) di Kantor Sekretariat Bawaslu Ogan Ilir. Sosialisasi tersebut dilakukan guna memberikan pendidikan kepada para penyandang disabilitas agar dapat berperan aktif mengawasi Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Ogan Ilir, Dermawan Iskandar dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini merupakan suatu bentuk usaha konkret Bawaslu Ogan Ilir guna meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya dari kelompok disabilitas terhadap pengawasan Pemilu. "Harapannya seluruh peserta kegiatan sosialisasi dapat turut aktif dalam menyukseskan pemilu," ujar Dermawan.

Lebih lanjut Dermawan menjelaskan, hal-hal yang bisa dilakukan adalah dengan bergabung menjadi penyelenggara Pemilu, turut mengawasi jalannya tahapan Pemilu, melaporkan tetangga yang tidak terdaftar di DPT, dan datang ke TPS saat hari pemungutan suara nanti. “Itu merupakan usaha partisipatif yang bisa dilakukan oleh seluruh masyarakat, termasuk Sahabat dari kelompok disabilitas,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, Bawaslu Ogan Ilir selalu terbuka jika ada masyarakat yang ingin berkonsultasi tentang kepemiluan, melaporkan dugaan pelanggaran. “Silakan datang ke Bawaslu Ogan Ilir. Kami akan selalu terbuka,” tegasnya.

Sementara Anggota Bawaslu Ogan Ilir, Idris dalam penyampaiannya memaparkan tentang hak yang dimiliki oleh penyandang disabilitas adalah sama dengan masyarakat lainnya, bahkan dijadikan prioritas misalnya saat mendatangi tempat-tempat pelayanan publik seperti rumah sakit, mal, dan lain-lain. Saat pemungutan suara pun, tempat pemungutan suara harus bias diakses oleh kelompok disabilitas ini.

“Oleh karena itu pengawasan Pemilu juga membutuhkan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat termasuk dari kalangan penyandang disabilitas. Hal tersebut sangat diharapkan untuk memaksimalkan tugas pengawasan,” jelas Idris.

Sementara Sekretaris NPC Ogan Ilir, Fahmi, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Bawaslu Ogan Ilir yang melibatkan para penyandang disabilitas. "Dengan dilibatkannya kami dalam kegiatan ini kami merasa bahwa keberadaan kami itu dianggap ada," jelasnya.

Humas Bawaslu Ogan Ilir