Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Ogan Ilir terima audiensi DPD Partai Gelora

Bawaslu Ogan Ilir terima audiensi DPD Partai Gelora

BawasluOI - Indralaya.  Ketua DPD Partai Gelombang Rakyat Indonesia Kabupaten Ogan Ilir atau disingkat Partai Gelora melakukan kunjungan dan silaturahmi ke Kantor Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Ogan Ilir. Kedatangan pengurus Partai Gelora langsung disambut dan diterima Ketua Bawaslu Ogan Ilir Dermawan Iskandar, SE dan Anggota Karlina, S.Pd.I beserta jajaran dan staff Bawaslu Ogan Ilir. Ini merupakan kunjungan pengurus Partai Gelora yang pertama dan sekaligus memperkenalkan diri sebagai partai pendatang baru untuk berkompetisi pada Pemilihan Legislatif yang akan datang. 

Seperti diketahui, Partai Gelora didirikan pada tanggal 28 Oktober 2019, dideklarasikan pada 10 November 2019 dan mendapat pengesahan SK Menkumham pada 19 Mei 2020 dengan Ketua Umumnya yaitu Anis Matta, Wakil Ketua Umum Fahri Hamzah dan Sekretaris Jenderal Mahfudz Siddiq. Untuk pengurus Partai Gelora di Kabupaten Ogan Ilir, diketuai oleh Muhammad Rofiq.

Ketua Bawaslu Ogan Ilir Dermawan Iskandar pada kesempatan tersebut juga mengucapkan selamat atas telah dibentuknya kepengurusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gelora Kabupaten Ogan Ilir. Selanjutnya Ketua Bawaslu Ogan Ilir juga menyampaikan bahwa persiapan Pemilu di mulai tahun 2022. Nantinya juga tidak menutup kemungkinan bahwa verifikasi Partai Politik akan dilaksanakan pada tahun 2022. Maka dari itu, dia berpesan agar seluruh Partai Politik di Ogan Ilir termasuk Partai Gelora agar dapat mempersiapkan hal-hal yang diperlukan saat verifikasi Partai Politik. Berdasarkan Undang-Undang Pemilu, bahwa Pemilu akan diadakan pada Tahun 2024 termasuk juga ditahun yang sama akan ada Pemilihan Kepala Daerah Serentak.

Pada kesempatan yang sama, Muhammad Rofiq juga menyampaikan permohonan arahan kepada Bawaslu Ogan Ilir mengenai diperbolehkan atau tidak jika seandainya Partai Gelora Ogan Ilir ingin melakukan sosialisasi seperti memasang baleho dan spanduk partai di wilayah Ogan Ilir. Ketua Bawaslu Ogan Ilir menghimbau agar dalam melakukan sosialisasi tetap memperhatikan Peraturan Pemerintah dan Peraturan Daerah seperti tempat-tempat yang diperbolehkan memasang spanduk dan lain-lain.

Di akhir pertemuan, pengurus Partai Gelora Ogan Ilir memberikan cinderamata berupa buku "GELOMBANG KETIGA INDONESIA" karya Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta yang langsung diterima oleh Ketua Bawaslu Ogan Ilir Dermawan Iskandar, SE.