Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Ogan Ilir Sosialisasikan Peran Masyarakat di Pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu Ogan Ilir Sosialisasikan Peran Masyarakat di Pengawasan Pemilu 2024

Indralaya, Bawaslu Ogan Ilir- Di hadapan para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda, Kepala Subbagian Penanganan Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu, dan Hukum Bawaslu Ogan Ilir, Pratiwi EP, menyosialisasikan peran masyarakat dalam pengawasan Pemilu Serentak 2024.

Sosialisasi ini disampaikan dalam kegiatan Pembekalan Pendidikan Politik dan Etika Budaya yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ogan IIlir, Rabu (14/9/2022), di Kantor Kesbangpol Ogan Ilir.

Pratiwi mengatakan, masyarakat dapat berperan dengan mencegah terjadinya pelanggaran, mengawasi jalannya tahapan Pemilu, serta melaporkan jika terjadi dugaan pelanggaran Pemilu. “Misalnya politik uang yang kerap terjadi di masyarakat. Yang bisa dilakukan masyarakat minimal tidak menerima uang tersebut. Lebih baik lagi, jika masyarakat segera laporkan ke pengawas Pemilu jika memang sudah ada bukti-buktinya,” jelas Pratiwi.

Ia sangat berharap, para tokoh masyarakat di Ogan Ilir menjadi garda depan di masyarakat sekitarnya untuk melawan politik uang yang kerap sudah menjadi budaya. “Masyarakat ini dapat menjadi agen perubahan dalam menolak dan mengampanyekan gerakan anti politik uang. Tidak hanya politik uang, bisa juga anti politisasi SARA, penyebaran hoaks, serta penyebaran ujaran kebencian,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pratiwi juga mengapresiasi masyarakat Ogan Ilir yang tidak apatis dalam proses Pemilu. "Kami apresiasi saat ini masyarakat Ogan Ilir melalui tokoh masyarakatnya sudah sangat peduli dengan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu. Pada forum ini saja, Bawaslu mendapatkan banyak masukan untuk pelaksanaan pengawasan Pemilu yang lebih baik," ujar Pratiwi.

Terakhir, Pratiwi menyampaikan masyarakat juga dapat berperan dengan berpartisipasi pada program pengawasan partisipatif Bawaslu Ogan Ilir, ikut serta menjadi lembaga pemantau Pemilu, atau menjadi bagian dari jajaran pengawas Pemilu ad hoc.


Humas Bawaslu Ogan Ilir