Lompat ke isi utama

Berita

Ajak Pemilih Pemula Awasi Pemilu, Bawaslu Ogan Ilir Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Ajak Pemilih Pemula Awasi Pemilu, Bawaslu Ogan Ilir Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Palembang, Bawaslu Ogan Ilir - Bawaslu Ogan Ilir mengajak pemilih pemula untuk turut serta mengawasi proses penyelenggaraan Pemilu 2024. Hal tersebut disampaikan Idris, Anggota Bawaslu Ogan Ilir dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif "Peran Pemilih Pemula dalam Pengawasan Pemilu 2024" di Palembang, Rabu (23/11/2022).

Menurut Idris, keberadaan pemilih pemula sangat diperlukan sebagai pengawas di masyarakat. "Secara hukum memang undang-undang mengamanatkan Bawaslu sebagai lembaga yang mengawasi Pemilu. Namun sejatinya juga diperlukan tangan-tangan masyarakat, salah satunya pemilih pemula, sebagai lini pengawasan karena Bawaslu tidak dapat menjangkau seluruhnya disebabkan personel yang terbatas," jelas Idris.


Di kegiatan yang sama, Anggota Bawaslu Ogan Ilir, Karlina juga mengatakan, Bawaslu membutuhkan partisipasi pemilih pemula. Ia berharap, melalui kegiatan yang digelar, para generasi muda dapat mengetahui proses Pemilu, apa yang boleh dan tidak boleh, bagaimana cara mengawasi, dan bagaimana jika terjadi pelanggaran.

"Pada intinya, berharap setelah ini adik-adik pelajar dan mahasiswa ini menjadi agen perubahan dengan menjadi pengawas pemilu di masyarakat," terangnya.

Kegiatan dihadiri 15 pelajar SMA/SMK/MA beserta 5 guru pendamping, 15 mahasiswa dari Universitas Sriwijaya dan Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah.

Humas Bawaslu Ogan Ilir